Minggu, 08 Mei 2011

Kediri Critical Mass

Sebenarnya awal mulanya cuma "iseng" ingin ngepost di blog kedirigirsiji.blogspot.com. Saya, anak baru di komunitas sepeda di Kediri tanya ke Ige, salah satu "sesepuh" di Kediri Sunday Morning (nama komunitas bersepeda di Kediri), apakah kita sudah punya blog? Pertanyaan yang akhirnya dikembalikan ke saya untuk membuat blog komunitas ini.

Sayapun membuat blog tersebut. Dasarnya saya orang baru, saya bingung mau diisi apa blognya. Sejarah gak paham, foto-foto gak punya. Untuk post awal saya cuma bisa ambil sebagian foto-foto di facebook Kediri Sunday Morning. Dan yang kedua saya bikin semacam interview dengan Ige yang kebetulan baru saja menjuarai alley cat race di Weekend Roadrunner Surabaya. Nah, setelah itu blank! Hehehehe.

Pada saat itu, MLGfgss baru saja mempunyai hajat Sunday Bike and Bash dengan konsep critical mass. Acara ini membuat saya berpikir bahwa salah satu tolak ukur keberhasilan suatu komunitas adalah dengan menularkan ide komunitas itu ke masyarakat yang lebih luas. Salah satunya adalah dengan cara mengadakan suatu event. Karena kita adalah komunitas bersepeda, maka ide yang kita tularkan adalah "mari kembali bersepeda!" Dan yang paling cocok adalah konsep critical mass.

Maka langsung saja saya browsing tentang sejarah, konsep acara, hingga kota-kota mana saja yang telah melakukan critical mass. Setelah itu saya kemas dalam bentuk blogpost untuk mempropaganda Kediri Sunday Morning.

Ternyata respon teman-teman Sunmor (sebutan singkat Kediri Sunday Morning) sangat antusias dengan ide ini. Personil Sunmor sebagian ada yang sedang kuliah dan kerja di luar Kediri, di antaranya di Malang dan Surabaya. Sehari setelah post tersebut, Sunmor chapter Malang langsung menindaklanjuti dengan diskusi. Sehari setelahnya giliran Sunmor chapter Surabaya yang berdiskusi. Dari dua diskusi tersebut akhirnya kita memilih tidak menunda-nunda lagi dan akan dilaksanakan pada akhir April atau setidaknya awal Mei.

Selama April, komunikasi dan diskusi terus berlangsung. Awalnya kita menyepakati tanggal 1 Mei 2011. Saya langsung excited, karena bertepatan juga dengan hari buruh internasional, tanggal yang tepat untuk "mengkritik".

Seminggu sebelum hari-H, kita mengadakan "rapat besar" yang dihadiri oleh sekitar 30 personil Sunmor. Dan ternyata...sebagian besar dari kita belum benar-benar paham dengan konsep critical mass. Memang sih, critical mass intiny cuma sekedar bersepeda bersama saja. Beda jauh dari acara-acara bersepeda pada umumnya yang berupa fun bike yang substansinya bukan pada bersepedanya tapi dorprize-nya, hehehe.

Hasilnya kita sepakat mengundur Kediri Critical Mass selama seminggu menjadi 8 Mei 2011. Masih ada waktu 2 minggu untuk persiapan. Kita semakin gencar berdiskusi mematangkannya. Mencetak poster dan selebaran, kemudian menyebarkannya. Membuat banner. Membuat sticker. Membuat kaos. Dan tentu saja, publikasi gencar di dunia maya.


Yeah! Kita sudah sangat siap dan excited!

Acara Kediri Critical Mass ini selain bersepeda bersama menyusuri jalanan kota Kediri, juga ada lomba sederhana dan pemutaran video tentang critical mass. Nah, kebetulan saya yang kebagian tugas bikin video. Penyelesaian video sederhana itupun sangat-sangat mepet. Dead in deadline (lagi-lagi). Video tersebut baru jadi jam 02.00 dini hari, dan saya harus sudah sampe di lokasi start jam 05.30. Begitulah mepetnya.

Dan....KEDIRI CRITICAL MASS akhirnya terealisasi. Acara dimulai dengan berdoa dan briefing tentang rute perjalanan. Start dari Brass Radio pukul 06.30 dengan check point di Simpang Lima Gumul.Setelah cukup beristirahat dan cukup foto-foto, kita kembali melanjutkan perjalanan dengan finish kembali ke Brass Radio. Setelah di finish, acara dilanjutkan dengan lomba-lomba. Lomba pertama adalah long skid khusus fixed gear. Dilanjutkan oleh lomba trik BMX. Lalu lomba sepeda lambat, non fixed gear. Dan yang terakhr adalah lomba trackstand khusus fixed gear. Secara keseluruhan lomba-lomba sederhana tersebut berlangsung tidak sederhana (baca: meriah), hehehe.

Karena matahari semakin meninggi, acara dilanjutkan di hall Brass Radio dengan pemutaran video-video tentang critical mass.

Secara keseluruhan, peserta Kediri Critical Mass yang pertama ini kurang lebih 150 sepeda. Diikuti dari komunitas lowrider, komunitas BMX, dan datang juga sekitar 20 teman-teman dari Malang. Berbagai jenis sepeda menyisir jalanan Kediri pagi ini. Mulai dari lowrider, BMX, MTB, folding, dan tentu saja yang sedang happening saat ini: fixed gear.

Yeay!!! Alhamdulillah! Persiapan cuma satu bulan oleh teman-teman "baru" yang belum pernah bekerja bersama. Hebatlah pokoknya! Selamat untuk kita semua, hey yo Sunmor. Terima kasih yang banyak untuk teman-teman bersepeda yang telah "sadar". Dan salut untuk rombongan dari Malang.

KEmbali ke DIRI kita untuk mencintai lingkungan dengan bersepeda bersama sebagai bentuk CRITICAL MASS terhadap masyarakat yang masih sangat tergantung terhadap kendaraan bermotor.


See you at Kediri Critical Mass Ride #2! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar